Rabu, 17 Oktober 2012

MOTIVASI BELAJAR


MOTIVASI BELAJAR

PENGERTIAN MOTIVASI       
1. Menurut Mc. Donald
yang di kutip oleh ‘’ Oemar Hamalik ‘’ (2003:158). Motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang di tandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk  mencapai tujuan.
2.  Dalam A.M.Sardiman (2005:75). Motivasi belajar dapat di artikan sebagai serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu. Sehingga seseorang mau dan ingin melakukan sesuatu.
3. Munurut St. Sumarni (2005) dari Thomas L Good dan jera B .Braph (1986) motivasi adalah : suatu energi penggerak dan pengarah yang dapat memperkuat dan mendorong seseorang untuk bertindak.
PENGERTIAN BELAJAR
1. Belajar menurut morgan, belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi akibat suatu hasil latihan atau pengalaman.
2. Menurut Moch-Surya ( 1981:32) belajar adalah suatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru sebagai hasil pengalaman dan interaksinya dengan lingkungan.
PENGERTIAN  MOTIVASI BELAJAR yaitu ‘’ keseluruhan daya penggerak baik dari dalam maupun dari luar siswa yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang di kehendaki dapat tercapai.

FUNGSI MOTIVASI
1. Mendorong manusia untuk bebuat / sebagai penggerak/motor yang menggerakan energi.
2. Menentukan arah perbuatan
3. Menyeleksi perbuatan
4. Pendorong pencapaian prestasi.

MACAM-MACAM MOTIVASI
1. Motivasi intrinstik, yaitu motivasi yang berasal dari dalam.
2. Motivasi ekstrinsik, yaitu motivasi yang berasal dari luar.
Motivasi ekstrinsik dalam pembelajaran misalnya dengan menggunakan media baik media visual, audio, atau audio visual.
Untuk menumbuhkan evaluasi yang sering dilakukan:
- Dengan pemberian angka
- Dengan pemberian Hadiah
- Dengan pemberian Pujian
Dengan atau melalui Gerakan tubuh
Dengan pemberian memberikan tugas
Dengan pemberian ulangan
Memberikan hasil
Memberikan hukuman
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR
Dalam aktifitas belajar, seorang individu membutuhkan suatu dorongan atau motivasi sehingga sesuatu yang diinginkan dapat tercapai, dalam hal ini ada beberapa faktor yang mempengaruhi belajar antara lain :
1. Faktor individual
seperti ; Kematangan atau pertumbuhan, kecerdasan, latihan, motivasi, dan faktor pribadi.
2. Faktor Sosial
seperti ; Keluarga atau keadaan rumah tangga, guru dan cara mengajarnya, alat-alat dalm belajar, dan motivasi sosial atau masyarakat (Purwanto, 2002 :102)         

            Terkait Dengan Hal yang tersebut diatas, maka Dimyatidan Mudijionomengemukakan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar antara lain :
            1. Cita-cita / aspirasi siwa
            2. Kemampuan siswa
            3. Kondisi siswa dan lingkungan
            4. Unsur-unsur dinamis dalam belajar
            5. Upaya guru dalam membelajarkan siswa. (Dimyati dan Mudjiono, 1999 : 100).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar