MOTIVASI BELAJAR
PENGERTIAN
MOTIVASI
1. Menurut Mc. Donald
yang di kutip
oleh ‘’ Oemar Hamalik ‘’ (2003:158). Motivasi adalah perubahan energi dalam
diri seseorang yang di tandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.
2. Dalam A.M.Sardiman (2005:75). Motivasi
belajar dapat di artikan sebagai serangkaian usaha untuk menyediakan
kondisi-kondisi tertentu. Sehingga seseorang mau dan ingin melakukan sesuatu.
3. Munurut St.
Sumarni (2005) dari Thomas L Good dan jera B .Braph (1986) motivasi adalah :
suatu energi penggerak dan pengarah yang dapat memperkuat dan mendorong
seseorang untuk bertindak.
PENGERTIAN
BELAJAR
1. Belajar
menurut morgan, belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam
tingkah laku yang terjadi akibat suatu hasil latihan atau pengalaman.
2. Menurut
Moch-Surya ( 1981:32) belajar adalah suatu proses yang dilakukan individu untuk
memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru sebagai hasil pengalaman dan
interaksinya dengan lingkungan.
PENGERTIAN MOTIVASI BELAJAR yaitu ‘’
keseluruhan daya penggerak baik dari dalam maupun dari luar siswa yang menjamin
kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang di
kehendaki dapat tercapai.
FUNGSI MOTIVASI
1. Mendorong
manusia untuk bebuat / sebagai penggerak/motor yang menggerakan energi.
2. Menentukan
arah perbuatan
3. Menyeleksi perbuatan
4. Pendorong
pencapaian prestasi.
MACAM-MACAM
MOTIVASI
1. Motivasi
intrinstik, yaitu motivasi yang berasal dari dalam.
2. Motivasi
ekstrinsik, yaitu motivasi yang berasal dari luar.
Motivasi
ekstrinsik dalam pembelajaran misalnya dengan menggunakan media baik media
visual, audio, atau audio visual.
Untuk menumbuhkan
evaluasi yang sering dilakukan:
- Dengan
pemberian angka
- Dengan
pemberian Hadiah
- Dengan
pemberian Pujian
Dengan atau
melalui Gerakan tubuh
Dengan pemberian
memberikan tugas
Dengan pemberian
ulangan
Memberikan hasil
Memberikan
hukuman
FAKTOR-FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR
Dalam aktifitas
belajar, seorang individu membutuhkan suatu dorongan atau motivasi sehingga
sesuatu yang diinginkan dapat tercapai, dalam hal ini ada beberapa faktor yang
mempengaruhi belajar antara lain :
1. Faktor
individual
seperti ; Kematangan atau pertumbuhan,
kecerdasan, latihan, motivasi, dan faktor pribadi.
2. Faktor Sosial
seperti ; Keluarga atau keadaan rumah tangga,
guru dan cara mengajarnya, alat-alat dalm belajar, dan motivasi sosial atau
masyarakat (Purwanto, 2002 :102)
Terkait
Dengan Hal yang tersebut diatas, maka Dimyatidan Mudijionomengemukakan bahwa
faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar antara lain :
1.
Cita-cita / aspirasi siwa
2.
Kemampuan siswa
3.
Kondisi siswa dan lingkungan
4.
Unsur-unsur dinamis dalam belajar
5.
Upaya guru dalam membelajarkan siswa. (Dimyati dan Mudjiono, 1999 : 100).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar