Rabu, 03 Oktober 2012

ETIKA DALAM ISLAM


Assalamu’alaikum. Wr. Wb

ETIKA DALAM ISLAM

Islam merupakan salah satu agama samawi yang meletakan nilai-nilai kemanusiaan atau hubungan personal,inter personal dan masyarakat. Secara agung dan luhur,mngutamakan persamaan,keadilan dan kedamaian yang mengikat semua aspek kemanusiaan.
Sebagai  cabang pemikiran filsafat etika di bedakan menjadi 2 golongan : objektifisme dan subjektifisme. Yang pertama perpandangan bahwa nilai kebaikan bersifat objektif (terletak pada substansi pada tindakan itu sendiri ) paham ini melahirkan paham rasionalisme. Sedangkan aliran kedua ( subjektifisme berpandangan bhawa tindakna di sebut baik mana kala sejalan dengan subjek tertentu ( masyarakat,tuhan,adat istiadat). Dalam filsafat islam melahirkan aliran as-ariyah.
Etika islam bersifat antisipasi jauh ke depan dengan ciri utama. Etika islam tidak menantang fitrah manusia. Dalam perspektif psikologi islam,manusia terdiri dari nafsu amarah,nafsu lawamah dan nafsu mutmainah. Ketiganya merupakan unsur hidup yang ada dalam berkembang seiring dengan perjalanan dan pengalaman manusia.
Untuk menjaga agar ketiganya berjalan dengan baik di perlukan edukasi dari orang tua dan  guru. Dalam bentuk pemberian muatan etika dengan cara :
1. pembiasaan
2. penjelasan apa dan mengapa bila anak sudah memahami kebiasaan.
3. pada masa dewasa, anak juga tidak di lepas begitu saja. Peran orang tua sebagai pengingat dan pengarah tanpa putus asa melalui diskusi,manfaat dan mudharatnya.
Etika dalam islam adalah sebagai perangkat nilai yang tidak terhingga dan agung bukab saja berisikan konsep sikap tapi perilaku yang menyangkut hubungan manusia terhadap tuhan dan hubungan manusia dengan lingkungannya. Islam mengajarkan kepada manusia untuk menjungjung etika sebagai fitrah dengan menghadirkan kedamaian,kejujuran dan keadilan.
Etika sebagai fitrah akan tergantung pada pemahaman dan pengalaman keberagaman seseorang.
Etika dalam islam akan melahirkan konsep ihsan yaitu cara pandang dan perilaku manusia dalam hubungan sosial hanya untuk mengabdi kepada tuhan.
Contoh penarapan etika islam  yaitu sebagai muslim yang baik harus selalu menjaga  setiap kata karena setiap lafadz akan di pertanggung jawabkan nanti di akhirat. Yaitu dengan perkataan yang mulia (Kaulan karimah), berkata baik ( kaulan ma’rufah ), berkata lurus ( kaulan sadidah ), berkata tepat ( kaulan balighon ), dan berkata lemah lembut ( kaulan layyinah ).
Tiada agama yang paling sempurna kecuali islam. Islam bukan hanya mengatur akhirat tapi kehidupan dunia bahkan pada hal-hal yang paling kecil .

1 komentar: