Rabu, 26 September 2012

PRIBADI GURU EFEKTIF


PRIBADI GURU EFEKTIF


Kepribadian guru sangat mempengaruhi sikap,pemikiran ,dantingkah laku siswa baik untuk proses pembelajaran maupun diluar proses pembelajaran.

7 Kebiasan guru efektif / manusia efektif

 a.Berpikir proaktif, tidak dibelenggu pada persoalan , namun akan mengubah setiap persuaka menjadi tantangan dan peluang, ia berupaya menjadi pengendara atas  keadaan bukan dikendalikan oleh keadaan

b. Memiliki tujuan ( visi dan misi yang jelas ) tidak berubah – ubah oleh keadaan yang ada di luar dirinya, tidak asal mengajar . ia mengubah misi yaitu membangun masa depan bangsa dan negra serta umat manusia.

c. pandai membuat dan menentukan skala prioritas.tindakannya selalu diarahkan pada tujuan yang jelas dan mulia, kendati pun ia memiliki banyak aktivitas tetepi tindakannya slalu menuntut skla prioritas, prioritas utama bagi guru efektif adalah masa depan muridnya.

d. berpikir menang – menang ( win – win )

e. Senang bekerja sama

f. memperhatikan orang lain

g selalu belajar setiap ada waktu luang

PENGERTIAN GURU EFEKTIF

1.     Menurut pendapat ulama, guru adalah sosok manusia yang patut di gugu dan ditiru 

2.    Menurut uzer usman, 1992 guru adalah profesi, jabatan, dan kehlian khusus

3.    Guru dapat diartikan sebagai orang yang tugasnya mengajar, mendidik, dan melatih peserta didik, serta memenuhi kompetensi sebagai orang yang patut di gugu dan ditiru dalam ucapan dan tingkah laku.

4.    Menurut clara R.Pudji yoyanti ( 1998 ) berpendapat bahwa guru efektif adalah guru yang dapat meningkatkan seluruh kemampuan siswa kearah yang lebih baik.

Pengendalian siswa

     Mengendalikan siswa merupkan hal yang pokok dan penting bagi guru efektif, yaitu ia sudah berusaha tidak membiarkan siswanya melakukan tindakannya sendiri , dengan cara:

·         Membuat aturan dan melibatkan siswa untuk menimbulkan adanya tanggung jawab untuk mentaatinya, dan bukan sebagai objek semata tetapi juga sebagai subjek.

·         Membudayakan kekuatan untuk mengendalikan prilaku, jelas, spesifik, dan dapat dipahami.

·         Ada konsistensi dalam penegakan aturan

·         Mengalihkan perhatian ( ribut – nyanyi  ngobrol ) dengan menjawab pertanyaan tanpa ia sadar sedang dialihkan, dan jika siswa mengantuk, ia meminta tolong siswa tersebut untuk menghapus papan tulis dsb.

·         Siswa yang pintar dimintai tolong untuk mengajari temannya yang belum bisa.

·         Guru harus peduli terhadap siswa.

KONSEP DIRI GURU

·         Menurut Clara R. Pudjiyoyanti (1988)

Individu yang mempunyi konsep diri yang negatif akan menunjukan tingkt kecemasan yang tinggi, perasa, menolak diri, merasa tidak berharga, dan sulit berhubungan dengan orang lain.

·         Secara umum pribadi yang mempunyai konsep diri negative menunjukan penyesuaian emosi dan social yang buruk dalam melaksanakan tugasnya di sekolah, bahkan mereka akan tampak sebagai guru yang tidak mempunyai kemampuan .

·         Seorang guru yang demikian akan tergambar dalam prilaku mengajarnya, ia tidak percaya diri, minder, sering marah – marah dan tidk sabar dalam menghadapi anak didiknya, dan bahkan apabila sikap ini tidak di ubah, guru tidak akan efektif dalam melaksanakan tugasnya.

·         Guru yang mempunyai konsep diri positif, akan menunjukan sikap dan prilaku yang positif pula, ia tampak prima, penuh percaya diri, menghargai siswa dan bis mengendalikan peserta didik dalam proses pembelajaran .



MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR MENGAJAR YANG EFEKTIF

          Efektivitas pembelajaran tidak bisa terjadi dengan sendirinya tetapi harus diusahakan oleh guru melalui upaya penciptaan kondisi belajar mengajar yang kondusif ada beberapa langkah :

·         Membangun motivasi siswa melalui ( menciptakan kompetensi , membuat tujuan antara tujuan khusus yang harus dicapai siswa

·         Member kesempatan siswa untuk berhasil, bagi siswa yang kurang / lebih, karena keberhasilan akan menimbulkan rasa senang, sedangkan kegagalan akan menimbulkan kekecewaan .

·         Mengadakan penilaian secar objektif, berikan reward, dan berikan hasil penilaian tepat waktu.

·         Menghargai siswa, memberikan pujian, memperhatikan dsb.

·          Melibatkan siswa dalam proses dengan pola komunikasi  multi traffic komunikasi antara guru dengan siswa, dan siswa dengan siswa

·         Pandai menarik minat dan perhatian siswa

·         Tampil dengan prima

·         Variasikan metode

·         Kuasai materi pelajaran

·         Selingi dengan humor

·         Sesuaikan proses dengan  kondisi siswa dan kemampian siswa

·         Ciptakan suasana kelas dengan tertib, hangat , dan terkendali    

·         Ciptakan suasana serius tapi santai.

·         Ajaklah para siswa untuk menata ruangan kelas menjadi menarik minat untuk belajar.

·         Ajaklah para siswa untuk menata ruangan kelas menjadi menarik minat untuk belajar

·         Berikan penekanan pada materi – materi tertentu dengan komunikasi yang baik .

·         Pujilah siswa, dan pahami kebutuhan siswa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar