KOMPETENSI
GURU
.
A. Pengertian
Kompetensi Guru
1.
Kompetensi
berasal dari bahasa sangsakerta “
Competence” artinya kecakapan atau kemampuan.
2. Jamarah
mendefinisikan kompetensi sebagai suatu tugas yang memadai atau pemilikan
pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang dituntut oleh jabatan seseorang.
3. Mulyasa
2002 mengartikan kompetensi sebagai perpaduan antara pengetahuan, keterampilan
dan sikap yang direflesikan dalam kebiasaanberfikir dan bertindak.
4.
UU No.14
Tahun2005 tentang guru dan dosen pasal 8 disebutkan bahwa kompetensi adalah
seperangkat pengetahuan, keterampilan dan prilaku yang harus dimiliki,
dihayati, dan dikuasai oleh guru atau Dosen dalam melaksanakan tugasnya.
5.
UU No.14 Tahun2005 tentang guru dan dosen
pasal 10 dijelaskan bahwa kompetensi Guru meliputi kompetensi paedagogis, kompetensi
kepribadian, kompetensi social dan kompetensi profesional yang diperoleh
melalui pendidikan profesi.(Supardi dkk,
2008; 39, 42, 48)
10. selain
kompetensi guru juga harus memiliki visi yang tepat dan berbagai aksi
inovatif, keberadaan visi bagi guru sangat penting dalam menapaki pekerjaan
yang lebih baik dan ketercapaian menjadi guru profesional (ondi saondi,2009,
hal.56)
inovatif, keberadaan visi bagi guru sangat penting dalam menapaki pekerjaan
yang lebih baik dan ketercapaian menjadi guru profesional (ondi saondi,2009,
hal.56)
11. ada tiga Visi
yang harus dimiliki oleh Guru. Pertama, visi jangka panjang yaitu
visi yang berorientasi pada tujuanakhir dalam setiap langkah yang diperbuat,
melakukan secara optimal, memiliki kendali diri dan social karena kesadaran
akan
adanya tujuan akhir dari kehidupan ini.
visi yang berorientasi pada tujuanakhir dalam setiap langkah yang diperbuat,
melakukan secara optimal, memiliki kendali diri dan social karena kesadaran
akan
adanya tujuan akhir dari kehidupan ini.
12. kedua, visi
jangka menengah yaitu sesalu berorientasi pada keberhasilan atas
segala yang diperbuat, keing inan untuk prestasi terbaik selalu menjadi cita-cita
dan tujuan guru.
13. ketiga, visi jangka pendek yaitu sesalu berorientasi pada setiap waktu untuk
melakukan kegiatan yang terbaik untuk memajukan peserta didik dan meraih
keberhasilan dan prestasi.(ondi saondi,2009 hal.56)
segala yang diperbuat, keing inan untuk prestasi terbaik selalu menjadi cita-cita
dan tujuan guru.
13. ketiga, visi jangka pendek yaitu sesalu berorientasi pada setiap waktu untuk
melakukan kegiatan yang terbaik untuk memajukan peserta didik dan meraih
keberhasilan dan prestasi.(ondi saondi,2009 hal.56)
14. visi akan berarti bila diiringi dengan
program kerja pembaruan menuju
pembelajaran yang berkualitas . (Bafadal, 2003.
Dalam ondi saondi, 2009. Hal.56).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar