1. Kebutuhan (pelihara system nilai sebagai
sumber norma kedewasaan)
2. Innovator (pengembang) system nilai ilmu
pengetahuan.
3. Transmeter (penerus) system nilai kepada
peserta didik.
4. Transformater (penterjemah) system nilai
dalam perbandingan.
5. Organisator (penyelenggara) terciptanya
proses edukatif yang dapat dipertanggung jawabkan.
6. Gaya dan berlinier mengungkapkan tentang
peran guru dalam pembelajaran yaitu;
a. Guru sebagai perencana (planner)
dipersiapkan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran (pre-teaching problems)
b. Guru
sebagai pelaksana (organizer) yang harus menciptakan situasi , memimpin,
merangsang/ menggerakkan, mengarahkan, sesuai rencana.
c. Guru sebagai penilai (Evaluator) yang
harus mengumpulkan menganalisa, menafsirkan dan akhirnya harusmempertimbangkan
(judgenent) atau tingkat keberhasilan proses perbandingan bedasarkan
kriteriayang ditetapkan.
d. Guru juga konsultan (teacher qounsel)
mampu mengidentifikasi peserta didik dan membantu memecahkan masalahnya.
e. Sebagai Pembina masyarakat (social
developer)
f. Sebagai inisiator
g. Pakar dalam bidangnya
h. Pekerja social 9sosial warker) peran
sebagai orang tua
i. Model keteladanan
j. Pemberi kesehatan
k. Pakar psikologi
l. Pembentuk kelompok (group builder)
m. Innovator
n. Petugas kesehatan mental
Tidak ada komentar:
Posting Komentar