Selasa, 19 November 2013

PERAN GURU



1.    Kebutuhan (pelihara system nilai sebagai sumber norma kedewasaan)
2.    Innovator (pengembang) system nilai ilmu pengetahuan.
3.    Transmeter (penerus) system nilai kepada peserta didik.
4.    Transformater (penterjemah) system nilai dalam perbandingan.
5.    Organisator (penyelenggara) terciptanya proses edukatif yang dapat dipertanggung jawabkan.
6.    Gaya dan berlinier mengungkapkan tentang peran guru dalam pembelajaran yaitu;
a.    Guru sebagai perencana (planner) dipersiapkan apa yang akan dilakukan dalam pembelajaran (pre-teaching problems)
b.    Guru  sebagai pelaksana (organizer) yang harus menciptakan situasi , memimpin, merangsang/ menggerakkan, mengarahkan, sesuai rencana.
c.    Guru sebagai penilai (Evaluator) yang harus mengumpulkan menganalisa, menafsirkan dan akhirnya harusmempertimbangkan (judgenent) atau tingkat keberhasilan proses perbandingan bedasarkan kriteriayang ditetapkan.
d.    Guru juga konsultan (teacher qounsel) mampu mengidentifikasi peserta didik dan membantu memecahkan masalahnya.
e.    Sebagai Pembina masyarakat (social developer)
f.     Sebagai inisiator
g.    Pakar dalam bidangnya
h.    Pekerja social 9sosial warker) peran sebagai orang tua
i.      Model keteladanan
j.      Pemberi kesehatan
k.    Pakar psikologi
l.      Pembentuk kelompok (group builder)
m.   Innovator
n.    Petugas kesehatan mental

Tidak ada komentar:

Posting Komentar