Selasa, 19 November 2013

BELAJAR UNTUK MELAKUKAN PERUBAHAN


1.        Belajar adalah proses perubahan tingkah laku yang di lakukan secara sengaja untuk mendapatkan perubahan. Yang lebih baik dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak terampil menjadi terampil dan dari belum dapat melakukan sesuatu menjadi dapat melakukan sesuatu dll.
2.       Perubahan tersebut timbul karena adanya pengalaman dan latihan, jadi belajar adalah proses mengalami berbuat, mereaksi dan melampaui (Undergoing)
3.       Cara belajar yang baik
a.       Memilih waktu  yang tepat/ kondusif/ konsentrasi
b.      Dilakukan rutin tapi tidak dengan waktu yang lama/ disiplin
c.       Belajar kelompok
d.      Membuat resume/ ringkasan/ intisari pelajaran.
e.      Bertanya kalau belum paham, jangan menunggu guru minta untuk bertanya.
f.        Hindari mencontek/ tidak jujur
g.       Berlatihlah teknik kemampuan mengingat dengan singkatan-singkatan / symbol-simbol tertentu
h.      Menggunakan gaya belajar yang tepat (visual, audio, kinestetik)
4.       Prinsip belajar, landasan utama dalam mencapai keberhasilan adalah kesiapan (readness) mental, tanpa kesiapan mental maka tidak akan dapat bertahan terhadap sebagai kesukaran kesulitah  yang dihadapi selama belajar.
5.       Hambatan belajar
a.       Hambatan dari dalam
1.       Kesehatan fisik
2.       Intelegensi
3.       Kebiasaan buruk (malas, suka menunda)
4.       Persepsi negative (pesimis, rendah diri
5.       Kelelahan psikolog
b.      Hambatan dari luar
1.       Keadaan lingkungan yang kurang nyaman
2.       Sarana yang kurang memadai
3.       Pengaruh teman yang kurang baik
4.       Keluarga / guru yang kurang memotivasi
6.       Menurut stine persepsi negative adalah merupakan hambatan yang paling mempengaruhi hasil belajar  diantaranya:
a.       Saya bodoh! pada saat perasaan ini muncul akan terjadi minder, malahs, tidak semangat .
Solusi: tanamkan dalam diri bahwa didunia ini tidak ada manusia yang bodoh yang ada hanya orang yang malas dan tidak mau berusaha.
b.      Belajar membosankan  dampaknya gelisah dan tidak focus
Solusi: ubahlah belajar sangat menyenangkan.
c.       Saya tidak dapat memahami / tidak dapat belajar.
Solusi: saya mampu memahami , saya mampu mempelajari
d.      Saya tidak ingat dengan apa yang saya pelajari.
Solusi: saya dapat mengingat , semua yang saya pelajari  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar