Profesi yang baik biasanya memiliki
ikatan organisasi profesi yang kuat, organisasi ini muncul atau ada karena rasa
tanggung jawab kelompok terhadap masyarakat diatas kewajiban anggota dan secara
perorangan.
Pengertian Organisasi
Organisasi menurut James D Mooney
“bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama”
Fungsi dan tujuan Organisasi
Fungsi organisasi keguruan adalah
sebagai pemersatu seluruh anggota profesi dalam ber…..menjalankan tugas
keprofesiannya, dan memiliki fungsi …..perempuan professional profesi itu.
Fungsi pemersatu yaitu dorongan yang
menggerakkan para professional untuk membentuk suatu organisasi keprofesian
dengan beragam motif (social, politik, ekonomi, cultural, dsb)
Fungsi peng….kemampuan professional,
fungsi ini sejalan dengan PP No. 38 tahun 1992. Pasl 61 yang berbunyi ”tenaga
kependidikan dapat membentuk ikatan profesi sebagai wadah untuk meningkatkan
dan mengembangkan karir, kemampuan, kewenangan professional, martabat dan
kesejahtraan tenaga kependidikan, dan sesuai pula dengan UUSPN tahun 1989 pasal
31 ayat 4 di nyatakan bahwa “tenaga kependidikan berkewajiban untuk berusaha
mengembangkan kemampuan profesionalnya, sesuai dengan perkembangan dan tuntutan
ilmu pengetahuan dan teknologi serta pembangunan bangsa.
JENIS-JENIS ORGANISASI KEGURUAN
PGRI (Persatuan Guru Republik
Indonesia)
MGMP (Musyarah Guru Mata Pelajaran)
ISPI (Ikatan Sarjana Pendidikan
Indonesia)
IPBI (Ikatan Petugas Bimbingan
Indonesia)
HSPI (Himpunan Sarjana Administrasi
Pendidikan Indonesia)
PGRI lahir pada 25 November 1945
setelah 100 hari Indonesia merdeka cikal bakal organisasi PGRI adalah PGHB
(Persatuan Guru Hindia Belanda) tahun 1912 kemudian berubah menjadi PGI
(Persatuan Guru Indonesia) pada tahun 1932
Tujuan utama PGRI adalah :
a.
Membela
dan mempertahankan republik Indonesia
b.
Memajukan
pendidikan seluruh rakyat.
c.
Membela
dan memperjuangkan nasib guru dan nasib buruh pada umumnya.
Musyawarah Guru Mata Pelajaran
(MGMP) merupakan suatu wadah asosiasi / perkumpulan bagi guru mata pelajaran
yang berada di suatu sanggar/ kabupaten/ kota yang berfungsi sebagai sarana
untuk saling bekomunikasi belajar dan bertukar pikiran dan pengalaman dalam
rangka meningkatkan kinerja guru.
Tujuan MGMP
Menurut pedoman MGMP (2004: 2)
adalah :
1.
Tujuan
umum MGMP adalah untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi dalam meningkatkan
professional guru .
2.
Tujuan khusus
a.
Memperluas
wawasan dan pengetahuan guru mata pelajaran dalam upaya mewujudkan pembelajaran
yang efektif dan efisien .
b.
Mengembangkan
kultur kelas yang kondusif sebagai tempat proses pembelajaran menyenangkan dan
mencerdaskan siswa.
c.
Membangun
kerjasama dengan masyarakat sebagai mitra guru dalam melaksanakan proses
pembelajaran (Depdiknas 2004)
Menurut Mangkoe Sapoetra (2004) tujuan MGMP adalah,
a.
Memotivasi
guru meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan
dan membuat evaluasi program pembelajaran dalam rangka meningkatkan keyakinan
diri sebagai guru professional.
b.
Meningkatkan
kemampuan dan kemahiran guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga dapat
menunjang usaha peningkatan dan peraturan mutu pendidikan.
c.
Mendiskusikan
permasalahan yang di hadapi guru dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan guru mencari
solusi permasalahannya.
Fungsi MGMP menurut mangkoe Sapoetra
(2004: 3) adalah:
1.
Menyusun
program jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek serta membuat jadwal
kegiatan rutin.
2.
Memotivasi
para guru untuk mengikuti kegiatan MGMP secara rutin baik ditingkat sekolah /
wilayah.
3.
Meningkatkan
mutu kompetensi profesionalisme guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar