PRIBADI GURU EFEKTIF
Kepribadian guru sangat mempengaruhi
sikap,pemikiran ,dantingkah laku siswa baik untuk proses pembelajaran maupun
diluar proses pembelajaran.
7 Kebiasan guru efektif / manusia efektif
a.Berpikir
proaktif, tidak dibelenggu pada persoalan , namun akan mengubah setiap persuaka
menjadi tantangan dan peluang, ia berupaya menjadi pengendara atas keadaan bukan dikendalikan oleh keadaan
b. Memiliki tujuan ( visi dan misi yang jelas )
tidak berubah – ubah oleh keadaan yang ada di luar dirinya, tidak asal mengajar
. ia mengubah misi yaitu membangun masa depan bangsa dan negra serta umat
manusia.
c. pandai membuat dan menentukan skala
prioritas.tindakannya selalu diarahkan pada tujuan yang jelas dan mulia,
kendati pun ia memiliki banyak aktivitas tetepi tindakannya slalu menuntut skla
prioritas, prioritas utama bagi guru efektif adalah masa depan muridnya.
d. berpikir menang – menang ( win – win )
e. Senang bekerja sama
f. memperhatikan orang lain
g selalu belajar setiap ada waktu luang
PENGERTIAN GURU
EFEKTIF
1.
Menurut
pendapat ulama, guru adalah sosok manusia yang patut di gugu dan ditiru
2.
Menurut
uzer usman, 1992 guru adalah profesi,
jabatan, dan kehlian khusus
3.
Guru
dapat diartikan sebagai orang yang tugasnya mengajar, mendidik, dan melatih
peserta didik, serta memenuhi kompetensi sebagai orang yang patut di gugu dan
ditiru dalam ucapan dan tingkah laku.
4.
Menurut
clara R.Pudji yoyanti ( 1998 ) berpendapat bahwa guru efektif adalah guru yang
dapat meningkatkan seluruh kemampuan siswa kearah yang lebih baik.
Pengendalian
siswa
Mengendalikan siswa merupkan hal yang pokok
dan penting bagi guru efektif, yaitu ia sudah
berusaha tidak membiarkan siswanya melakukan tindakannya sendiri
, dengan cara:
·
Membuat
aturan dan melibatkan siswa untuk menimbulkan adanya tanggung jawab untuk mentaatinya, dan bukan sebagai objek semata tetapi juga sebagai subjek.
·
Membudayakan
kekuatan untuk mengendalikan prilaku,
jelas, spesifik, dan dapat
dipahami.
·
Ada
konsistensi dalam penegakan aturan
·
Mengalihkan
perhatian ( ribut – nyanyi ngobrol )
dengan menjawab pertanyaan tanpa ia sadar sedang dialihkan, dan jika siswa
mengantuk, ia meminta tolong siswa tersebut untuk menghapus papan tulis dsb.
·
Siswa
yang pintar dimintai tolong untuk mengajari temannya yang belum bisa.
·
Guru harus
peduli terhadap siswa.
KONSEP DIRI GURU
·
Menurut
Clara R. Pudjiyoyanti (1988)
Individu yang mempunyi konsep
diri yang negatif akan menunjukan tingkt kecemasan yang tinggi, perasa, menolak
diri, merasa tidak berharga, dan sulit berhubungan dengan orang lain.
·
Secara
umum pribadi yang mempunyai konsep diri negative menunjukan penyesuaian emosi
dan social yang buruk dalam melaksanakan tugasnya di sekolah, bahkan mereka
akan tampak sebagai guru yang tidak mempunyai kemampuan .
·
Seorang
guru yang demikian akan tergambar dalam prilaku mengajarnya, ia tidak percaya
diri, minder, sering marah – marah dan tidk sabar dalam menghadapi anak
didiknya, dan bahkan apabila sikap ini tidak di ubah, guru tidak akan efektif
dalam melaksanakan tugasnya.
·
Guru yang
mempunyai konsep diri positif, akan menunjukan sikap dan prilaku yang positif
pula, ia tampak prima, penuh percaya diri, menghargai siswa dan bis
mengendalikan peserta didik dalam proses pembelajaran .
MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR
MENGAJAR YANG EFEKTIF
Efektivitas
pembelajaran tidak bisa terjadi dengan sendirinya tetapi harus diusahakan oleh
guru melalui upaya penciptaan kondisi belajar mengajar yang kondusif ada
beberapa langkah :
·
Membangun
motivasi siswa melalui ( menciptakan kompetensi , membuat tujuan antara tujuan
khusus yang harus dicapai siswa
·
Member
kesempatan siswa untuk berhasil, bagi siswa yang kurang / lebih, karena
keberhasilan akan menimbulkan rasa senang, sedangkan kegagalan akan menimbulkan
kekecewaan .
·
Mengadakan
penilaian secar objektif, berikan reward, dan berikan hasil penilaian tepat
waktu.
·
Menghargai
siswa, memberikan pujian, memperhatikan dsb.
·
Melibatkan siswa
dalam proses dengan pola komunikasi
multi traffic komunikasi antara guru dengan siswa, dan siswa dengan
siswa
·
Pandai
menarik minat dan perhatian siswa
·
Tampil dengan prima
·
Variasikan
metode
·
Kuasai
materi pelajaran
·
Selingi
dengan humor
·
Sesuaikan
proses dengan kondisi siswa dan
kemampian siswa
·
Ciptakan
suasana kelas dengan tertib, hangat , dan terkendali
·
Ciptakan
suasana serius tapi santai.
·
Ajaklah
para siswa untuk menata ruangan kelas menjadi menarik minat untuk belajar.
·
Ajaklah
para siswa untuk menata ruangan kelas menjadi menarik minat untuk belajar
·
Berikan
penekanan pada materi – materi tertentu dengan komunikasi yang baik .
·
Pujilah
siswa, dan pahami kebutuhan siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar